Home Landscape Pentingnya Perencanaan Yang Matang

Pentingnya Perencanaan Yang Matang

99
0

Malam pergantian tahun baru merupakan moment yang banyak di tunggu oleh para photographer. Gemerlap pesta kembang api menjadi objek photo yang menarik untuk diabadikan. Guna mendapatkan photo terbaik, dibutuhkan perencanaan dan persiapan, mengingat waktu pengambilan dilakukan pada malam hari yang minim cahaya.

Malam tahun 2023 kali ini, terasa begitu istimewa. Setelah dua tahun terbelenggu pandemi covid-19, pemerintah memberikan kesempatan untuk masyarakat untuk merayakannya. Menurut saya, salah satu tempat yang menarik adalah landmark Kota Jakarta, yakni Tugu Monumen Nasional (Monas).

Butuh sedikit riset untuk mendapatkan posisi terbaik untuk pengambilan photo di Tugu Monas. Posisi dari Jalan Merdeka Selatan layak direkomendasikan, Tugu Monas berbalut cahaya begitu menonjol diantara gedung-gedung tinggi Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman. Keindahan Tugu Monas tentunya akan bertambah semarak, saat satu per satu kembang api mekar di sekitarnya.

Selain penentuan lokasi, peralatan dan setting kamera yang digunakan akan menentukan kualitas photo yang akan dihasilkan. Gunakan setting kamera manual dengan kombinasi shutter speed rendah, bukaan diagframa sempit dan ISO rendah untuk mendapatkan foto “kembang api utuh” namun foreground tetap tajam. Penggunaan tripod yang kokoh dan shutter release membantu foto tidak blur akibat bergeser tidak sengaja.

Lokasi Monas . Setting Manual .ISO 100 19 mm f/18 15 sec

Namun sayangnya, perayaan malam tahun baru di Tugu Monas tidak semeriah sebelum pandemic covid melanda. Pemerintah melarang penggunaan kembang api didalam kawasan ini, karena Tugu Monas termasuk dalam objek vital nasional dan cagar budaya yang harus dilindungi. Akibatnya, langit Monas sepi dari kemilau cahaya kembang api dan foto-foto yang dihasilkan tidak sesuai harapan.

Ternyata ada informasi yang terlewatkan, sebelumnya pemerintah melalui berbagai media sudah mensosialisasikan bahwa Tugu Monas tidak termasuk lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta. Perayaan malam tahun baru, terpusat dibeberapa tempat lainnya seperti Taman Mini Indonesia (TMII) dan Sepanjang Jalan MH.Thamrim dan Jenderal Sudirman.

Kecewa memang, karena seluruh persiapan telah dilakukan dengan baik. Semua hal ini bisa jadi, karena perencanaan yang tidak matang. Kita tidak hanya menyusun langkah-langkah sistematis dalam pelaksananya, namun butuh data dan informasi yang valid sebagai penentu keberhasilan.

Perecanaan yang matang juga dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan dunia dan akhirat. Kita tidak dapat memisahkan kedua kehidupan ini, akan ada kehidupan akhirat yang juga harus direncanakan sehingga kehidupan didunia akan lebih bermakna dan produktif.

Akhirnya, selama menapaki tahun baru masehi 2023. Semoga kita selalu diberikan nikmat kesehatan, kesuksesan dan keselamatan. Amin...

Lokasi Monas . Setting Manual .ISO 100 19 mm f/18 15 sec

Lokasi Monas . Setting Manual .ISO 100 19 mm f/18 15 sec

Previous articleMenjumpai Tarsius, Primata Terkecil di Indonesia