Home Buku Panduan Identifikasi Spesies : Perikanan Tuna Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap

Panduan Identifikasi Spesies : Perikanan Tuna Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap

300
0

Judul : Panduan Identifikasi Spesies : Perikanan Tuna Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap

Tahun Publikasi : 2021

Jumlah Halaman : 56 hal

ISBN : 978-623-96442-0-8

Publikasi : Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondok Dadap. Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Jawa Timur.

 

Ulasan Buku :

Pada tahun 2017, saya mendapat penugasan untuk membangun beberapa fasilitas di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondok Dadap di selatan Jawa Timur. Berjarak sekitar 3 jam dari Kota Malang, Pondok Dadap seolah menyimpan potensi yang belum tergarap optimal, baik potensi perikanan tangkap dan pariwisata bahari. Jika kedua sumberdaya ini dikelola dengan baik, tentunya menjadi faktor penggerak pertumbuhan ekonomi regional di selatan Jawa Timur.

Salah satu fasilitas yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di PPP Pondok Dadap adalah Pasar Ikan Higienis. Saat ini pasar ikan tersebut telah menjadi ikon dari PPP Pondok Pondok, tempat ini telah menjadi lokasi favorit para turis lokal untuk membeli ikan segar dengan harga yang wajar.

Salah satu jenis ikan yang dominan atau hampir setengahnya ikan didaratkan adalah tuna dan kelompok tuna lainnya. Tercata 10 jenis tuna dan kelompok tuna lainnya yang didaratkan, 4 jenis diantaranya termasuk kedalam principal market tuna yakni :  Ikan Tuna Sirip Kuning (Yellowfin Tuna), Ikan Tuna Albacore (Albacore), Ikan Tuna Mata Besar (Bigeye Tuna) dan Ikan Cakalang (Skipjack Tuna). 

Disamping itu terdapat juga ikan ekonomis penting lainnya, antara lain ikan setuhuk, lemadang, tenggiri, layangan, selar hingga ikan semar .

Hasil tangkapan ikan yang didaratkan di PPP Pondok berasal dari kapal tuna longline dan purse seine dengan ukuran rata-rata 10 – 20 GT dengan daerah penangkapa sekitar 80 mil dari PPP Pondok Dadap. Untuk kapal tuna longline umumnya dalah nelayan andon yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Kehadiran Buku Panduan Identifikasi Spesies : Perikanan Tuna Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap yang digagas PPP Pondok Dadap dapat menjadi kata referensi pengelolaa, pelaku usaha, peniliti dan pengungjung di PPP Pondok Dadap.

Download :

 

Panduan Identifikasi Spesies : Perikanan Tuna Pelabuhan Perikanan Pantai Pondok Dadap

Previous articleMangrove
Next articlePerikanan Tuna Kota Bitung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here